Mata Anak Sering Perih? Begini Cara Efektif Mengatasi Mata Kering Tanpa Harus ke Dokter Beberapa waktu lalu, anak bungsuku yang masih kelas dua SD tiba-tiba menghentikan aktivitas menggambarnya di tablet dan mengeluh, “Ma, mataku perih banget.” Kakaknya yang duduk di kelas lima pun ikut menimpali, “Iya Ma, aku juga. Sering banget kalau habis nonton atau main HP, mataku kayak panas dan kering.” sumber: AI Microsoft Copilot Sebagai seorang ibu sekaligus penulis yang juga banyak menghabiskan waktu di depan layar, keluhan anak-anak ini langsung bikin aku waspada. Apalagi saat menyadari, aku pun sering merasakan hal yang sama. Mata sepet, perih, lelah , meski hanya duduk di rumah saja. Setelah mencari tahu lebih dalam, ternyata kami mengalami gejala yang umum dikenal sebagai mata kering . Kenali Tanda-tanda Mata Kering yang Sering Diabaikan Mata kering bukan sekadar masalah kecil. Gejalanya bisa terasa ringan hingga mengganggu aktivitas harian, terutama jika dibiarkan tanpa penanganan. ...
Peran manager dalam pelayanan pelanggan itu vital. Sebagai pelanggan ketika kita mengalami suatu masalah maka akan meminta untuk dipertemukan dengan manager atau biasanya staffnya memanggil managernya untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Sebenarnya jika hal yang biasa dan rutin serta telah tertulis dengan jelas di Standart Operating Procedure, maka biasanya staff akan dengan mudah menyelesaikannya. Staff akan meminta bantuan managernya jika ada hal-hal yang tidak biasa.
Hal-hal seperti inilah yang membutuhkan kemampuan dan kompetensi seorang manager/atasan yang handal untuk dapat menyelesaikannya dengan win-win solution tanpa menyalahi prosedur. Istilah kerennya adalah kebijakan.
Pelanggan akan lebih merasa dihargai jika atasan/managernya turun langsung untuk ikut membantu menyelesaikan masalah. Bukan sekedar menerima pernyataan dari staff bahwa, "Setelah kami konfirmasi ke atasan kami, tidak bisa." Tanpa ada penjelasan atau penjelasan minimal yang dikuasai staff tersebut.
Pelanggan akan apresiasi manager/atasan yang berani turun langsung berhadapan daripada yang hanya mengumpankan staffnya untuk menghadapi pelanggan yang kesal. Walau turun hanya untuk sekedar menegaskan tidak bisa dan membackup staffnya serta meminta maaf tidak dapat memenuhi permintaan pelanggan.
Selain itu sebagai seorang manajer, juga harus mempunyai kepiawaian rasa dan bijak dalam memutuskan. Butuh lebih dari sekedar menguasai SOP untuk menjadi seorang manajer namun ketepatan dan kecepatan dalam memberikan suatu keputusan yang bijak. Bijak disini yang dimaksud adalah memikirkan efek jangka panjang dan secara menyeluruh serta nama baik perusahaan terhadap keputusan yang diambil saat sedang melayani komplain/permintaan pelanggan.
Jam terbang ada akhirnya yang akan mengasah kemampuan dan kebijaksanaan dari seorang atasan atau manajer.
#ODOP #onedayonepost #46thpost
Komentar
Posting Komentar