Beberapa hari lalu aku mendatangi layanan customer service provider jaringan telepon. Ada beberapa hal yang membuatku sebagai pelanggan merasa "wow" dengan provider ini. Sebut saja providernya Te*****el.
Aku pernah beberapa kali mendatangi tempat ini. Cukup bagus dan nyaman. Namun antriannya panjang sekali. Fiuh. Sistem antriannya pun bagus. Mereka akan sms kita. Jadi bisa ditinggal untuk berkeliling ke toko-toko di sebelahnya.
Namun ada yang berbeda pada kunjunganku kali ini. Ternyata begitu aku masuk terlihat di sudut kiri ada playground anak-anak. Lalu ada juga disediakan minuman. Layout ruangannya berubah total. Tempat pelayanan nasabah dengan customer service yang biasanya standart berupa meja diatasnya terdapat komputer dengan kursi kaku berhadapan, kali ini diubah menjadi meja kaca lingkar kecil dan empat tempat duduk nyaman seperti tempat duduk dan meja di cafe kopi.
Aura dan suasana yang sampai kepada para pelanggan pun yang biasanya datang ke customer service membawa masalah, dilayani dengan pengaturan tempat duduk seperti itu, serta merta menurunkan tensi emosi pelamggan. Karena kita seperti sedang ngobrol santai bersama teman. Tidak ada layar komputer besar yang menghalangi interaksi antara customer service dan pelanggan.
Suasana yang terbangun lebih nyaman, lebih transparan dan sejajar. Ide yang brilian bagi saya sebagai pelanggan melihat ada kemajuan seperti ini.
Tak berapa lama setelah aku selesai disini. Aku berjalan menuju tempat tujuanku. Tak sengaja, aku melewati gerai pelayanan pelanggan provider jaringan selular pesaingnya. Sungguh beda. Layoutnya masih standart cenderung menyerupai kantor cabang bank. Sayang sekali.
Semoga layout pelayanan nasabah di kantor cabang bank pun bisa seperti ini ya. Menghilangkan jarak, lebih transparan serta nyaman layaknya sedang mengobrol bersama teman. Tidak terasa seperti sedang komplain atau malah ditawari berbagai macam produk lainnya (crosselling).
#ODOP #onedayonepost #45thpost
Komentar
Posting Komentar